Test Footer 2

Main Menu (Do Not Edit Here!)

Jumat, 06 Juli 2012

Tetap Semangat, Bisa Jadi yang Engkau Anggap Remeh Memasukkanmu Kedalam Surga

Tetap semangat, perbanyak dan rutinkan untuk melakukan suatu kebaikan / suatu ibadah. karena bisa jadi salah satu kebaikan yang kita lakukan dan kita anggap remeh Allah Subhanahu wa ta'ala memasukkan kita kedalam surga.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu'anhu, Rasulullah Shallallahu'alaihi wa sallam bersabda, "Kulihat ada seseorang yang bersenang-senang didalam surga disebabkan ia memotong dahan yang berada ditengah jalan karena mengganggu kaum muslimin yang lewat." (HR. Bukhari no. 653 dan Muslim no. 1914)

Dalam riwayat lain, "Ada seseorang yang melewati sebuah dahan yang menghalangi jalan kemudian ia berkata, "Demi Allah aku akan menyingkirkan dahan ini dari jalan agar tidak mengganggu kaum muslimin yang lewat." Karena perbuatannya itu kemudian ia masuk surga."

Dalam riwayat kedua disebutkan, "Ketika seseorang berjalan pada suatu jalan ia menemukan dahan yang berduri ditengah jalan kemudian ia menyingkirkannya, maka Allah memuji orang itu dan mengampuni dosa-dosanya"

Dari Abu Hurairah radhiyallahu'anhu, Nabi Shallallahu'alaihi wa sallam bersabda, "Ketika seseorang sedang berjalan disuatu jalan tiba-tiba ia merasakan kehausan, kemudian ia mendapatkan sumur kemudian turun dan minum, kemudian setelah ia keluar ia melihat seekor anjing yang menjulurkan lidahnya menjilati tanah karena kehausan, kemudian ia bergumam, "Anjing ini benar-benar kehausan sebagaimana aku tadi." Kemudian ia turun lagi dan mengisi sepatunya dengan air sampai penuh, kemudian ia menggigit sepatunya dengan naik keatas lalu memberikannya kepada anjing itu, kemudian Allah berterima kasih kepada orang itu dan mengampuninya. Para sahabat bertanya, "Apakah menolong binatang juga memperoleh pahala?" Beliau menjawab, "Menolong setiap makhluk yang mempunyai jantung yang hidup itu mendapatkan pahala." (HR. Bukhari no. 2363 dan Muslim no. 2244)

Dalam riwayat Al-Bukhari disebutkan "Allah berterima kasih kepada orang itu, mengampuninya dan memasukkannya kedalam surga."

Dalam riwayat kedua disebutkan, "Ketika seekor anjing yang berputar-putar disekeliling sumur hampir mati karena kehausan, tiba-tiba ada seorang wanita tuna susila  dari Bani Israil, kemudian melepaskan sepatunya kemudian memberinya minum dengannya, kemudian Allah mengampuninya dengan perbuatannya."

"Sesungguhnya seorang hamba mengucapkan suatu kata yang Allah ridhai dalam keadaan tidak terpikirkan oleh benaknya, tidak terbayang akibatnya, dan tidak menyangka kata tersebut berakibat sesuatu, ternyata dengan kata tersebut Allah mengangkatnya beberapa derajat. Dan sungguh seorang hamba mengucapkan suatu kata yang Allah murkai dalam keadaan tidak terpikirkan oleh benaknya, tidak terbayang akibatnya, dan tidak menyangka kata tersebut berakibat sesuatu ternyata karenanya Allah melemparkannya ke dalam neraka Jahannam." (HR. Al-Bukhari no. 6478)

Jadi.. perbanyaklah melakukan kebaikan, dan sedikitkan atau tahanlah dari melakukan keburukan...

Dan yang perlu di ingat dan di tekankan adalah ikhlaskan segala amal perbuatan yang kita lakukan itu semata-mata karena Allah Subhanahu wa ta'ala.

Rasulullah Shallallahu'alaihi wa sallam bersabda, "Amal perbuatan pasti disertai dengan niat, dan setiap orang akan mendapatkan [balasan] sesuai dengan niatnya. Siapa yang hijrah semata-mata karena Allah dan Rasul-Nya maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya; siapa yang hijrahnya karena dunia yang akan dia dapatkan, atau hijrahnya karena perempuan yang akan dia  nikahi, maka hijrahnya sesuai dengan tujuannya." (HR. Bukhari dan Muslim) 

Berikut adalah artikel seputar Niat dan Ikhlas :
  1. Peran Niat Dalam Amal
  2. Baiknya Niat Adalah Baiknya Amalan
  3. Akibat Niat yang Rusak
  4. Saudaraku... Apa Yang Kau Cari?
  5. Larangan Beramal Untuk Tujuan Dunia 
  6. Pentingnya Amalan Hati 
  7. Multi Niat … Multi Pahala
  8. Periksalah Keinginanmu!
  9. Ikhlas Dalam Beribadah Kepada Allah
  10. Pengertian Ikhlas
  11. Keutamaan Ikhlas

0 komentar:

Posting Komentar